Kreasi – Burung Kenari dari Manik2

Image
Kreasi – Burung Kenari dari Manik2

Apa kabar sobat? Semoga tetap sehat dan semangat ya. Seperti yang pernah aku janjikan sebelumnya, kali ini aku udah buatin tutorial seputar manik-manik. Dan seperti yang terlihat pada judul, kita akan membuat burung kenari dari paduan manik-manik dan tali senar. Nggak sulit kok, apalagi bagi kamu-kamu yang pernah atau sudah terbiasa merangkai manik-manik dengan tali senar. Walau begitu, harus tetap teliti ya, sob..Bagi pemula, jangan khawatir! Asal kamu sabar dan konsisten ngikutin setiap proses pembuatannya, pasti bisa..Kalau mengalami kendala saat praktiknya, tentu wajar dong…namanya juga belajar. Kamu bisa kirim email ke kreasionlineku@gmail.com, mudah-mudahan aku bisa bantu ya sob..

Oya, untuk gambar pola dari setiap langkah bisa dirimu lihat di www.beadjewelrymaking.com. Sengaja nggak aku tampilkan gambarnya di sini, tentunya untuk menghargai si pemilik situs. Sebagai info, di situs ini dirimu juga bisa lihat tutorial manik-manik lainnya lho sob, tapi dengan pengantar bahasa Inggris yach.. Well, buat kamu-kamu yang pengen ngeronce manik-manik plus belajar bahasa Inggris, cucok banget nih. Tapi, bagi yang nggak suka repot, kamu bisa kok ikuti tutorialnya di blog ini..gratis..tis..tis..hehe…Oke deh, kita mulai aja yuk tutorialnya…

…Seperti biasa, sebelum mulai kamu wajib nyiapin bahan-bahan yang diperlukan terlebih dahulu ya sob…

Bahan  :

  •   Manik pasir biru ukuran 6 (hitam, biru, emas)
  •   Satu buah kristal kerucut ukuran 4 mm (kuning)
  •   Tali senar atau tali pancing

Catatan  

Warna, jenis dan ukuran manik-manik bisa diganti sesuai dengan keinginan. Pada tutorial ini, tali senar dibedakan menjadi warna hitam dan merah. Agar kamu nggak bingung sekaligus untuk memudahkanmu, sebaiknya beri tanda mana tali senar yang kamu anggap warna hitam dan mana yang akan kamu anggap berwarna merah.

 

http://www.beadjewelrymaking.com/Kid_Art_Project/Kid_art_bead_project/september2007_bead_project.html

(silahkan klik link di atas untuk melihat gambar pola dari langkah 1 s.d 14)

Langkah 1

Sediakan tali senar sepanjang 1 meter. Tambahkan satu manik kristal kuning 3 mm di tengah tali senar. Tambahkan dua manik pasir biru pada masing-masing sisi tali senar (jumlahnya jadi 4). Silangkan tali senar di sebelah kiri (hitam) ke manik pasir terakhir yang ditambahkan pada tali senar di sebelah kanan (merah). Lihat posisi dimana kedua tali senar bersilangan.

Langkah 2

Tambahkan empat manik pasir biru pada tali senar di sebelah kanan (hitam), silangkan tali senar di sebelah kiri (merah) melalui manik pasir terakhir yang ditambahkan. Lanjutkan dengan memasukkan tali senar hitam (yang kamu gunakan untuk menambahkan 4 manik pasir biru tadi) ke manik pasir biru yang letaknya berdampingan dari langkah 1 (ditunjukkan darimana tanda panah hitam keluar) – ingat untuk menarik tali senar dengan erat.

Langkah 3

Lanjutkan dengan menambahkan 3 manik pasir biru pada tali senar yang berada di atas (merah), silangkan tali senar yang berada di bawah (hitam) melalui manik pasir yang terakhir ditambahkan. Lanjutkan dengan memasukkan tali senar merah (yang kamu gunakan untuk menambahkan 3 manik pasir biru tadi) ke manik pasir biru yang berada di bawah pada langkah 1 (ditunjukkan darimana tanda panah merah keluar).

Langkah  4 

Lanjutkan dengan menambahkan 1 manik pasir hitam (untuk mata) dan 2 manik pasir biru pada tali senar yang berada di atas (hitam), silangkan tali senar yang berada di bawah (merah) pada manik pasir terakhir yang ditambahkan. Lanjutkan dengan memasukkan tali senar hitam (yang kamu gunakan untuk menambahkan 1 manik pasir hitam dan 2 manik pasir biru di atas) melalui manik kristal kuning dari langkah 1 (ditunjukkan darimana tanda panah hitam keluar).

Langkah  5  

Lanjutkan dengan menambahkan 4 manik pasir biru pada tali senar di sebelah kiri (merah), silangkan tali senar di sebelah kanan (hitam) melalui manik pasir terakhir yang ditambahkan. Lanjutkan dengan memasukkan tali senar merah (yang kamu gunakan untuk menambahkan 4 manik pasir biru di atas) melalui 2 manik pasir biru dari langkah 1 dan 2 (ditandai dengan nomor 1 dan 2).

Langkah  6  

Lanjutkan dengan menambahkan 1 manik pasir biru dan 1 manik pasir hitam (untuk mata) pada tali senar yang berada di bawah (hitam), silangkan tali senar yang berada di atas (merah) melalui manik pasir terakhir yang ditambahkan. Lanjutkan dengan memasukkan tali senar hitam (yang kamu gunakan untuk menambahkan 1 manik pasir biru dan 1 manik pasir hitam tadi) melalui manik pasir yang berada di atas dari langkah 2.

Langkah  7 

Tambahkan 4 manik pasir biru pada tali senar yang berada di bawah (merah), silangkan tali senar yang berada di atas (hitam) melalui manik pasir terakhir yang ditambahkan. Lanjutkan dengan memasukkan tali senar merah (yang kamu gunakan untuk menambahkan 4 manik pasir tadi) melalui 2 manik pasir dari langkah 2 dan 3 (ditunjukkan darimana manik pasir ditandai dengan nomor 1 dan 2).

Langkah  8

Tambahkan 3 manik pasir biru pada tali senar di sebelah kanan (hitam), silangkan tali senar di sebelah kiri (merah) melalui manik pasir terakhir yang ditambahkan. Lanjutkan dengan memasukkan tali senar hitam (yang kamu gunakan untuk menambahkan 3 manik pasir biru tadi) melalui 2 manik pasir yang berada di bawah pada langkah 3 dan 4 (ditunjukkan darimana manik pasir ditandai dengan nomor 1 dan 2).

Langkah  9 

Tambahkan 3 manik pasir biru pada tali senar yang berada di atas (merah), silangkan tali senar yang berada di bawah (hitam) melalui manik pasir terakhir yang ditambahkan. Lanjutkan dengan memasukkan tali senar merah (yang kamu gunakan untuk menambahkan 3 manik pasir biru tadi) melalui 2 manik pasir pada langkah 3 dan 4 (ditandai dengan angka 1 dan 2).

Langkah  10

Lanjutkan dengan menambahkan 3 manik pasir biru pada tali senar yang berada di atas (hitam), silangkan tali senar yang berada di bawah (merah) melalui manik pasir terakhir yang ditambahkan. Lanjutkan dengan memasukkan tali senar hitam (yang kamu gunakan untuk menambahkan 3 manik pasir biru tadi) melalui manik pasir yang berada di bawah dari langkah 5 (ditunjukkan darimana tanda panah hitam keluar).

Langkah  11

Tambahkan 4 manik pasir biru pada tali senar yang berada di sebelah kiri (merah), silangkan tali senar di sebelah kanan (hitam) melalui manik pasir terakhir yang ditambahkan. Lanjutkan dengan memasukkan tali senar merah (yang kamu gunakan untuk menambahkan 4 manik pasir biru tadi) melalui 3 manik pasir di sebelah kanan dari langkah 5, 6 dan 7 (ditandai dengan angka 1, 2 dan 3).

Langkah  12 

Tambahkan 2 manik pasir biru pada tali senar yang berada di bawah (hitam), silangkan tali senar yang berada di atas (merah) melalui manik pasir terakhir yang ditambahkan. Lanjutkan dengan memasukkan tali senar hitam (yang kamu gunakan untuk menambahkan 2 manik pasir biru tadi) melalui manik pasir biru yang berada di atas dari langkah 7 (ditandai oleh angka 1, 2 dan 3).

Langkah  13

Tambahkan 4 manik pasir biru pada tali senar yang berada di bawah (merah), silangkan tali senar yang berada di atas (hitam) melalui manik pasir terakhir yang ditambahkan. Lanjutkan dengan memasukkan tali senar merah (yang kamu gunakan untuk menambahkan 4 manik pasir biru tadi) melalui 2 manik pasir biru (ditandai oleh angka 1 dan 2) dari langkah 7 dan 8 (ditunjukkan darimana tanda panah merah keluar).

Langkah  14 

Lanjutkan dengan menambahkan 3 manik pasir biru pada tali senar di sebelah kanan (hitam), silangkan tali senar di sebelah kiri (merah) melalui manik pasir terakhir yang ditambahkan. Lanjutkan dengan memasukkan tali senar hitam (yang kamu gunakan untuk menambahkan 3 manik pasir biru tadi) melalui 2 manik pasir biru di sebelah kiri dari langkah 8 dan 9 (ditandai oleh angka 1 dan 2).

Langkah  15

Tambahkan 3 manik pasir biru pada tali senar yang berada di atas (merah), silangkan tali senar yang berada di bawah (hitam) melalui manik pasir terakhir yang ditambahkan. Lanjutkan dengan memasukkan tali senar merah (yang kamu gunakan untuk menambahkan 3 manik pasir biru tadi) melalui 2 manik pasir biru yang berada di bawah (ditandai angka 1 dan 2) dari langkah 9 dan 10 (ditunjukkan darimana tanda panah merah keluar).

http://www.beadjewelrymaking.com/Kid_Art_Project/Kid_art_bead_project/september2007_bead_projectpage2.html

(silahkan klik link di atas untuk untuk melihat gambar pola dari langkah 15 s.d. 24)

Langkah  16

Lanjutkan dengan menambahkan 3 manik pasir biru pada tali senar yang berada di atas (hitam), silangkan tali senar yang berada di bawah (merah) melalui manik pasir terakhir yang ditambahkan. Lanjutkan dengan memasukkan tali senar hitam (yang kamu gunakan untuk menambahkan 3 manik pasir biru tadi) melalui 2 manik pasir biru yang berada di bawah (ditandai oleh angka 1 dan 2) dari langkah 10 dan 11 (ditunjukkan darimana tanda panah hitam keluar).

Langkah  17

Tambahkan 2 manik pasir biru pada tali senar di sebelah kiri (merah), silangkan tali senar di sebelah kanan (hitam) melalui manik pasir terakhir yang ditambahkan. Lanjutkan dengan memasukkan tali senar merah (yang kamu gunakan untuk menambahkan 2 manik pasir biru tadi) melalui manik pasir biru di sebelah kanan dari langkah 11 (ditunjukkan darimana tanda panah merah keluar).

Langkah  18

Lanjutkan dengan menambahkan 3 manik pasir biru pada tali senar di sebelah kiri (hitam), silangkan tali senar di sebelah kanan (merah) melalui manik pasir terakhir yang ditambahkan. Lanjutkan dengan memasukkan tali senar hitam (yang kamu gunakan untuk menambahkan 3 manik pasir biru tadi) melalui 3 manik pasir biru di sebelah kanan (ditandai angka 1, 2 dan 3) dari langkah 11, 12 dan 13 (ditunjukkan darimana tanda panah hitam keluar).

Langkah  19

Tambahkan 1 manik pasir biru pada tali senar di sebelah kiri (merah), silangkan tali senar di sebelah kanan (hitam) melalui manik pasir terakhir yang ditambahkan. Lanjutkan dengan memasukkan :

-     tali senar merah (yang kamu gunakan untuk menambahkan 1 manik pasir biru tadi) melalui 1 manik pasir biru yang berada di atas (ditandai angka 1) dari langkah 13 (ditunjukkan darimana tanda panah merah keluar).

-       tali senar hitam melalui 1 manik pasir biru yang berada di sebelah kiri bawah (ditandai huruf A) dari langkah 18 (ditunjukkan darimana tanda panah hitam keluar).

Langkah  20           

Tambahkan 3 manik pasir biru pada tali senar yang berada di bawah (hitam), silangkan tali senar yang berada di atas (merah) melalui manik pasir terakhir yang ditambahkan. Lanjutkan dengan memasukkan tali senar hitam (yang kamu gunakan untuk menambahkan 2 manik pasir biru tadi) melalui 2 manik pasir biru yang berada di atas (ditandai dengan angka 1 dan 2) dari langkah 13 dan 14 (ditunjukkan darimana tanda panah hitam keluar).

Langkah 21

Tambahkan 3 manik pasir biru pada tali senar yang berada di bawah (merah), silangkan tali senar yang berada di atas (hitam) melalui manik pasir terakhir yang ditambahkan. Lanjutkan dengan memasukkan tali senar merah (yang kamu gunakan untuk menambahkan 2 manik pasir biru tadi) melalui 2 manik pasir biru (ditandai angka 1 dan 2) dari langkah 14 dan 15 (ditunjukkan darimana tanda panah merah keluar).

Langkah 22

Lanjutkan dengan menambahkan 2 manik pasir biru pada tali senar di sebelah kanan (hitam), silangkan tali senar di sebelah kiri (merah) melalui manik pasir terakhir yang ditambahkan. Lanjutkan dengan memasukkan tali senar hitam (yang kamu gunakan untuk menambahkan 2 manik pasir biru tadi) melalui 2 manik pasir biru di sebelah kiri bawah (ditandai dengan angka 1 dan 2) dari langkah 15 dan 16 (ditunjukkan darimana tanda panah hitam keluar).

Langkah 23

Tambahkan 3 manik pasir biru pada tali senar yang berada di atas (merah), silangkan tali senar yang berada di bawah (hitam) melalui manik pasir terakhir yang ditambahkan. Lanjutkan dengan memasukkan tali senar merah (yang kamu gunakan untuk menambahkan 2 manik pasir biru tadi) melalui 4 manik pasir biru (ditandai angka 1, 2, 3 dan 4) dari langkah 16, 17, 18, dan 20 (ditunjukkan darimana tanda panah merah keluar).

Langkah 24

Lanjutkan dengan menambahkan 1 manik pasir biru pada tali senar di sebelah kiri atas (hitam), silangkan tali senar yang berada di bawah (merah) melalui manik pasir terakhir yang ditambahkan. Lanjutkan dengan memasukkan :

-        tali senar hitam (yang kamu gunakan untuk menambahkan 1 manik pasir biru tadi) melalui 2 manik pasir biru di sebelah kanan (ditandai angka 1 dan 2) dari langkah 20 dan 21 (ditunjukkan darimana tanda panah hitam keluar).

-         tali senar merah melalui 1 manik pasir biru di sebelah kiri (ditandai huruf A) dari langkah 23 (ditunjukkan darimana tanda panah merah keluar).

http://www.beadjewelrymaking.com/Kid_Art_Project/Kid_art_bead_project/september2007_bead_projectpage3.html

 (silahkan klik link di atas untuk untuk melihat gambar pola dari langkah 25 s.d. 32)

Langkah 25

Lanjutkan dengan menambahkan 1 manik pasir biru yang baru (diwakili oleh warna biru dongker) pada salah satu sisi tali senar dan silangkan sisi tali senar yang satu lagi melalui manik pasir baru ini.

Langkah 26

Lanjutkan dengan menambahkan 1 manik pasir biru pada setiap sisi tali senar (jumlahnya jadi 2) dan 1 manik pasir lagi sebagai tempat persilangan kedua tali senar (ditunjukkan darimana kedua tanda panah keluar).

Langkah 27

(Kamu akan bekerja pada salah satu sisi tali senar hanya pada langkah ini) Lanjutkan dengan menambahkan 4 manik pasir biru pada salah satu tali senar (pilih sisi tali senar yang lebih panjang). Masukkan tali senar tersebut ke manik pasir yang sama sebelum 4 manik pasir biru tadi ditambahkan sehingga membentuk lingkaran 5 buah manik pasir.

Langkah 28

Lanjutkan dengan menambahkan 1 manik pasir biru pada masing-masing sisi tali senar (totalnya jadi 2) dan silangkan kedua sisi tali senar melalui manik pasir lama dari langkah 25 (ditunjukkan darimana kedua tanda panah keluar). Sekarang kamu bisa menyimpulkan kedua tali senar dan mengikatnya dengan erat. Sebaiknya masing-masing sisa tali senar setelah diikat,  dimasukkan ke manik pasir lainnya agar rangkaian tali senarnya lebih ketat/erat.

Langkah 29

Menambahkan sayap :

Manik pasir hijau mewakili manik pasir lama yang ada pada badan burung. Manik pasir biru dongker mewakili manik pasir baru yang akan ditambahkan.

Siapkan tali senar baru kira-kira 10 cm, masukkan tali senar tersebut melalui manik pasir lama yang ditandai dengan warna hijau. Samakan kedua panjang tali senar. Tambahkan 3 manik pasir baru pada tali senar yang berada di atas (hitam), silangkan tali senar yang berada di bawah (merah) melalui manik pasir terakhir yang ditambahkan. Lanjutkan dengan menambahkan tali senar hitam (yang kamu gunakan untuk menambahkan 3 manik pasir baru di atas) melalui 1 manik pasir lama yang berada di bawah badan burung (lihat manik pasir yang diwarnai hijau) yang ditunjukkan darimana tanda panah hitam keluar

Langkah 30

Lanjutkan dengan menambahkan 2 manik pasir biru pada tali senar yang berada di bawah (hitam), silangkan tali senar yang berada di atas (merah) melalui manik pasir terakhir yang ditambahkan. Lanjutkan dengan memasukkan tali senar hitam (yang kamu gunakan untuk menambahkan 2 manik pasir biru tadi) melalui 1 manik pasir biru yang berada di atas (ditandai angka 1) dari langkah 29 (ditunjukkan darimana tanda panah hitam keluar).

Langkah 31

Lanjutkan dengan memasukkan :

-     tali senar merah melalui 1 manik pasir biru dari langkah 30 (ditunjukkan darimana tanda panah merah keluar)

-    tali senar hitam melalui 1 manik pasir biru dari langkah 30 (ditunjukkan darimana tanda panah hitam keluar). Ikat dan teruskan sisa tali senar ke manik pasir lainnya. Ulangi langkah 30 dan 31 untuk sayap yang satunya lagi.

Langkah 32

Membuat kaki  :

Manik pasir hijau mewakili manik pasir lama pada badan burung sedangkan manik pasir biru dongker mewakili manik pasir baru yang akan ditambahkan.

Siapkan tali senar baru sepanjang kira-kira 10 cm atau bisa juga menggunakan kawat. Masukkan tali senar melalui 3 manik pasir lama yang berada di atas dari lingkaran manik pasir yang diwarnai hijau, samakan panjang kedua sisi tali senar.

Tambahkan 2 manik pasir emas, masukkan kembali tali senar melalui manik pasir pertama yang ditambahkan. Lakukan sebanyak 2 kali lagi. Kemudian tambahkan 1 manik pasir emas terakhir dan masukkan melalui 1 dari manik pasir lama yang diwakili oleh warna hijau (lihat gambar). Lakukan langkah 33 untuk membuat sepasang kaki burung. Selanjutnya ikat kedua ujung tali senar. Burung kenari dari manik-manik selesai dibuat.

—Dan, tadaaa…ini dia burung kenari dari manik-manik dan tali senar ala kreasionlineku

Gimana hasilnya? Bagus kan? Berarti sekarang tinggal giliran dirimu untuk praktikin tutorialnya nih. Good luck! Dan jangan lupa tinggalkan pesan ya sob, hehe..

One response »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s