Mari Berkenalan dengan Tali Kur

Image

Tali kur itu apa sih? Bentuknya gimana ya? Pertanyaan itu pertama kali aku lontarkan saat masih SMP. Waktu itu aku lagi baca buku kerajinan tangan punya teman dan salah satu material yang digunakan dalam buku tersebut adalah tali kur. Karena baru pertama kali dengar, tentu saja itu membuatku penasaran. Sayangnya halaman bukunya nggak berwarna, sob. Ups, berwarna sih sebenarnya..tapi abu-abu. Jadi, tetap aja nggak kelihatan jelas. Namun karena hasil kerajinan tangan yang dihasilkan dengan bahan dasar tali kur itu sangat bagus menurutku, langsung saja deh aku mengajak mama berkeliling mencari keberadaan tali kur itu.

Kami pun sampai di toko yang menjual bahan dan peralatan menjahit. Soalnya saat itu belum ada toko yang khusus menjual material kerajinan tangan. Aku sendiri sebenarnya nggak begitu yakin kalau toko yang kudatangi ini menjual tali kur. Bahkan aku lebih khawatir lagi kalau ternyata si penjual malah nggak tahu apa itu tali kur, wong aku yang mau beli aja nggak tahu..hehe..

Dan, kekhawatiranku akhirnya terbukti. Si Bapak penjual bingung banget ketika aku menyebutkan “tali kur”. Beliau sempat terlihat sedang berpikir. Yang jelas aku nggak tahu apa yang sedang dipikirkannya. Ya iyalah..kalau aku tahu, dirimu pasti menyangka aku punya hubungan saudara dengan Romi Rafael atau Dedy Corbuzier. Padahal sungguh, sungguh sob, sungguh aku bukan penggemar mereka..wkwkwk..(jadi kacau nih alur ceritanya..^_^..)

♥♥♥♥♥♥♥♥

Si Bapak penjual kemudian nanya apa aku punya contoh tali kurnya. Yeee, si Bapak..kalau ada sih udah dari awal aku tunjukin (monolog dalam hati). So, aku kasih lihat aja deh buku kerajinan tangannya yang memang udah aku pinjam sebelumnya dari temanku. Eh, beliau ternyata tetep nggak ngeh tuh..mungkin karena gambarnya kurang jelas kali ya.

Karena nggak tahu lagi harus berkata apa, akhirnya aku bilang ke si Bapak untuk ngeluarin tali apa aja yang ia jual biar aku lihat..hehe..nekad nih ceritanya. Untungnya si Bapak nggak protes karena beliau langsung pergi ke belakang (bukan ke toilet ya sob..^_^..) setelah memintaku untuk menunggu sebentar. Tapi baru sebentar si Bapak berlalu, aku tersadar akan sesuatu. Gimana kalau beliau bukannya bawa tali kur tapi tali tambang? Waduh, gede banget tuh kan..bisa repot aku. Atau bukan tali tambang tapi tali.. jemuran?..huahuahua..Siapa tahu kan si Bapak jual tali jemuran juga..tehee..

Untungnya pikiran ngawurku itu nggak menjadi kenyataan karena si Bapak kembali dengan membawa beberapa tali berwarna-warni yang dibungkus plastik transparan. Cantik-cantik deh warnanya. Setelah melihat-lihat sebentar, seperti ada sesuatu yang berbisik di telingaku dan berkata ini dia, ini, ini pasti yang namanya tali kur. Aku pun mengiyakan dalam hati. Meskipun belum begitu yakin, tapi akhirnya aku beli juga. Nggak tanggung-tanggung, 7 bungkus sekaligus, hehe..That’s because I was amazed by the color. Lagipula harganya masih murah banget waktu itu, Rp 3.000 per bungkusnya. 7 bungkus masih Rp 21.000 dan di dalam 1 bungkus itu panjang tali kurnya bisa mencapai sekitar 20 meter. Murah kan? Tapi masih ada satu hal yang membuatku penasaran, ngomong-ngomong siapa ya yang berbisik di telingaku waktu itu? Jangan-jangan…hiiiiiii…udah ah, nggak usah dipikirin..

♥♥♥♥♥♥♥♥

Setelah beberapa tahun sejak hari itu, baru deh aku yakin kalau tali yang kubeli waktu itu memang benar-benar tali kur. Apalagi semenjak kuliah dan sering bolak-balik ke toko buku, tapi bukan untuk beli buku kuliah ya sob melainkan buku kerajinan tangan, hehe..Mungkin ada yang tanya juga, kenapa nggak browsing aja neng? Kan lebih praktis! Bener banget tuh, tapi siswi SMP seperti diriku masa itu kan masih polos, hehe.. browsingnya pas lagi ada tugas doang itupun di warnet soalnya belum punya modem, pren. Kalau tugasnya udah selesai, ya pulang. Gitu deh…

Oya, tali kur ini ukurannya bermacam-macam lho. Ada yang kecil, sedang, dan besar. Yang paling kecil biasanya berukuran 3 mm. Bahan dasar tali kur juga beragam. Ada yang terbuat dari katun, nylon, atau polyster. Begitu juga dengan warna, tali kur memiliki banyak warna. Mulai dari warna-warna umum dengan hanya 1 kombinasi warna seperti merah, kuning, hijau, biru, ungu, dan lain-lain sampai dengan 2 atau 3 kombinasi warna. Bahkan ada pula tali kur dengan warna pelangi yang katanya bisa bersinar terang bila kena lampu ultra violet.

Dengan kreatifitas, tali kur bisa diubah menjadi berbagai macam produk yang menarik dan bernilai seperti tas, kalung, gelang, atau ikat pinggang seperti yang pernah diriku buat, dan lain-lain tentunya. Untuk produk-produk tersebut, bisanya tali kur yang digunakan adalah yang berukuran kecil dan sedang.

Saat ini, tali kur cukup mudah didapat. Tali ini tersedia di banyak tempat, misalnya di toko kelontong bahan-bahan plastik, pasar swalayan, toko bahan kerajinan tangan, atau di toko peralatan menjahit. Tapi kalau nggak ingin repot, belanja online bisa menjadi alternatif buat kamu. Sekarang banyak kok blog, situs atau jejaring sosial seperti facebook yang turut menjual tali kur. Tinggal buka laptop, hubungkan ke internet, pilih item yang ingin kamu beli, ikuti prosedur ordernya, kemudian transfer uangnya, selesai deh. Kamu tinggal tunggu aja barang yang udah kamu pesan tadi nongol di depan rumahmu. Praktis kan?

♥♥♥♥♥♥♥♥

Tips 1

Sebaiknya belilah tali kur yang masih diikat dalam kemasan plastik karena harganya lebih murah dibandingkan membeli dengan harga per meter. Namun jika kamu hanya butuh tali kur dalam jumlah kecil, membelinya per meter merupakan pilihan bijak.

Tips 2

Buka ikatan dan kalungkan keseluruhan tali kur pada kedua kaki kursi agar tali kur tidak ruwet (untuk tali kur dalam kemasan). Temukan ujung tali bagian dalam/luar atau mana yang mudah diurai dan diukur sesuai yang dikehendaki. Biasanya ujung tali bagian dalam lebih mudah untuk diurai. Dan ketika mengukur, sebaiknya tali kur tidak ditarik kuat, biarkan lentur mengikuti meteran dengan panjang tali yang diinginkan.

Nah, segitu dulu ya info tentang tali kurnya. Kalau kamu ada info tambahan seputar tali kur. Jangan lupa dibagi ya sob…See you…

Salam KREASIONLINEKU

11 responses »

  1. slm kenal kk,saya produksi tali kur di rumah saya kali aja kk mu beli stok ada 1ton wana putih dan hitam klo mau ni no hp sayah082240032407

  2. hallo bundaa
    mau kenalan dongg…hehehe😀
    sya jami tingga d cileduk sya d rmh produksi tali kur loh…:-D tali kur sya warna putih 1bngkus itu 1kg pnjangnya skitar 700an meter, hrga 20rbu ko bunda murahkan…:-)
    mngkin stok bunda dsna mau hbis bsa pesen ke sya😀
    no hp. 087771197074

  3. Dimana ya….bisa dapatin atau beli tali kur itu ????…….Soalnya aku dah cari kemana-mana belum dapat juga……. bagi infonya dong….. kalau boleh kirim via e-mail aja di agung_sumargo@yahoo.com …… OK gan… matur thank yu… alias terima kasih sebelumnya…

Leave a Reply

