Kursus Manik vs Belajar Otodidak

Standard

Mungkin banyak di antara kamu yang ingin sekali belajar manik-manik tetapi nggak punya budget lebih atau mungkin malah terkendala soal waktu untuk ikut kursus atau bisa jadi di daerah tempat tinggal kamu tidak ada jasa yang menawarkan kursus manik-manik. Kalau memang seperti itu kondisinya, kenapa tidak mencoba untuk belajar secara otodidak (belajar sendiri)? Apa bisa? Tentu saja bisa. Lantas, bagaimana caranya? Untuk tahu jawabannya, simak tips-tips berikut ini.

   1.   Belajar dari Buku

Saat ini cukup banyak buku yang mengulas tentang manik-manik mulai dari perkenalan tentang jenis-jenis manik dan bahan pelengkapnya (tang, wire, tali senar, pengait, headpin, eyepin), proses merangkai manik-manik disertai dengan gambar dan tips-tips oke seputar manik-manik. Beberapa buku yang bisa menjadi referensi buat kamu di antaranya Cantik dengan Rangkaian Manik & Batu by Oky Mia Octaviany, Mengenal Lebih Jauh Tentang Mutiara by Mia Yusmita Gofar, Cantik & Gaya dengan Bros by Oky Mia Octaviany, dll (bisa tanya mbah google ya). Memang sih harus ngeluarin duit juga, tapi jumlahnya tentu lebih sedikit jika dibandingkan dengan biaya kursus dengan materi tertentu saja. Dan, siapa tahu pengetahuan yang kamu peroleh ternyata jauh lebih besar dari harga bukunya atau dari biaya kursus itu sendiri.

  2.   Gabung di Milis

Dengan menjadi bagian dari sebuah milis, kamu berkesempatan besar untuk belajar buanyak hal tentang dunia permanikan. Kamu bisa tanya-tanya seputar manik-manik dari A sampai Z dan akan ada banyak orang yang akan bersedia membantu memecahkan masalah kamu. Belum lagi jika ternyata ada sesepuhnya manikers yang sudah malang melintang di dunia permanikan turut berpartisipasi dalam milis yang kamu ikuti, wah bisa-bisa kamu jadi kursus gratis nih akhirnya. Seru kan?

  3.   Belajar Lewat Blog

Bagi kamu yang senang mengisi waktu luang dengan berselancar di dunia maya sekaligus juga tertarik untuk belajar merangkai manik-manik menjadi aneka bentuk gelang, kalung, bros, anting, dan lain-lain, kamu bisa berkunjung ke blog-blog yang membahas atau mempublikasikan artikel seputar dunia permanikan apalagi jika disertai dengan tutorial, tips-tips keren, dan berbagai info menarik tentang manik-manik. Seperti di blog kreasionlineku.wordpress.com ini contohnya yang secara berkala akan berusaha menampilkan tips, info bahkan tutorial bukan hanya seputar manik-manik tetapi juga tentang kerajinan tangan lainnya (promosi nih yee..). Jadi, seperti peribahasa sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui kan? Hehe..

  4.   Manfaatkan Youtube

Kalau selama ini kamu memanfaatkan youtube untuk melihat video musik kesayanganmu, tayangan drama korea kesukaanmu, atau mungkin mengupload video narsis dirimu, kenapa tidak terpikir olehmu untuk belajar ngeronce manik-manik via youtube? Aku sudah mempraktikkannya lho sobat dan menurutku cara ini pantas dicoba. Ketikkan saja kata kunci yang kamu cari misalnya “membuat manik-manik” atau “tutorial manik-manik” dan kalau hasil pencarian dengan bahasa Indonesia sedikit atau isi videonya tidak seperti yang kamu harapkan, berarti itu saatnya kamu harus nekad untuk mengetikkan kata kunci berbahasa Inggris atau bahasa asing lainnya mungkin. Nice try, yach!

Banyak cara yang sebenarnya bisa kamu tempuh jika ingin belajar secara otodidak. Intinya adalah bagaimana kamu bisa memanfaatkan media dan informasi di sekitarmu secara optimal dan bagaimana kamu memanage waktu untuk belajar. Selain itu, dibutuhkan kerja keras, kemauan yang tinggi, dan kesabaran untuk mewujudkannya. Ini berdasarkan pengalaman pribadi lho sob jadi sudah dibuktikan kebenarannya (^_^).

Di awal-awal, sebagai seorang pemula yang aku lakukan adalah benar-benar mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang manik-manik mulai dari nama, jenis, ukuran, bentuk, bahan dan alat-alat pelengkapnya, teknik merangkainya baik menggunakan kawat ataupun tali senar, sampai kepada toko-toko yang menjual material untuk ngeronce manik-manik. Ini sangat penting sob sebagai pengetahuan dasar. Sebab, gimana kamu mau ngeronce manik-manik kalau kamu sendiri nggak paham tentang manik-manik? Ya nggak?

Selain itu, belajar merangkai manik-manik secara otodidak mempunyai keunggulan terutama dalam hal fleksibilitas waktu dalam artian kamu bebas menentukan kapan harus menggunakan waktu luangmu untuk belajar beading (ngeronce manik-manik) apalagi bagi seorang ibu rumah tangga yang harus mengurus keluarga atau wanita karir yang harus bekerja di luar rumah. Begitu pula dengan para mahasiswa atau pelajar yang biasanya lebih terbatas soal keuangan namun memiliki waktu luang lebih banyak, nah kamu bisa ikuti tips-tips di atas.

Namun demikian, bukan berarti mengikuti kursus manik-manik tidak bisa menjadi pilihan lho, sob. Mengikuit kursus juga memiliki keunggulan yang tentunya berbeda dengan belajar secara otodidak (sendiri). Kamu akan diajari langsung oleh orang-orang yang berpengalaman di bidang manik-manik, diberitahu tentang alat dan bahan yang diperlukan untuk ngeronce manik-manik, plus proses merangkai manik-manik itu sendiri tentunya serta berbagai tips n trik untuk menghasilkan rangkaian manik-manik seperti yang kamu inginkan langsung dari pakarnya. Oke nggak tuh?

Ya tapi itu semua tentu nggak gratis sob, hehe..Ilmu itu mahal lho..Biasanya biaya kursus manik-manik sekitar Rp 100.000 ke atas untuk beberapa kali pertemuan namun ada juga pemateri yang berbaik hati mengajarkan sampai kita bisa. Semua itu tentu tergantung kepada pematerinya. Mengenai jadwal kursus, bisa disesuaikan dengan jadwal si pemateri maupun jadwal peserta kursus atau tergantung kesepakatan kedua belah pihak. Oya, selain itu material tertentu biasanya juga disediakan oleh pemateri lho..

Nah, setelah membaca artikel Kursus Manik-Manik vs Belajar Otodidak di atas, sekarang tinggal giliran kamu nih sob. Mau pilih kursus manik-manik atau belajar otodidak? Semuanya tentu terserah kamu.

…Sebagai bahan inspirasi buat kamu, baca juga artikel berikut ya sobat…

Kreasi – Burung Kenari dari Manik2

Merangkai Manik dengan Tali Senar

Kreasi Gelang dari Manik-Manik

One response »

  1. Halo,. salam kenal, saya ikut promosi yaa..
    kami PINBOO Bandung tlp.(022)91147817 – 081320620692 ( http://www.pinboo.org ) hendak menawarkan pruduk PIN, dlm berbagai model mulai seperti pin penitik, pin gantungan kunci bolak-balik, pin gantungan kunci crop pembuka botol, pin magnet,dan pin gantungan kunci 1 muka, serta bahan baku pin mulai dari ukuran 25mm s/d 75mm. cetak dan jual bahan mug.
    menjual juga kertas inject & kertas photo.
    kami juga menjual laminasi(glossy, salur/kanvas, gliter, dll). selain itu juga membuat id-card instan & menjual bahan baku id-card 2 muka (bolak balik), tali idcard / sablon tali id card, yoyo id card, dll
    terimakasih.. (proprint_pinboo@yahoo.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s