Kreasi – Bunga Kain Istimewa

Standard

Bosan dengan penampilan tanaman di rumah? Atau mungkin tidak sempat merawatnya karena kesibukan yang serasa tiada henti? Nah, kamu bisa coba membuat kerajinan tangan yang satu ini sobat..tadaaa..kreasi bunga kain istimewa. Namanya heboh banget ya, hehe..tapi dijamin deh, cuma lihat gambarnya doang, kamu pasti merasa gimanaaa gitu, terpesona n klepek-klepek dibuatnya. Aku saja jatuh hati pada bunga imut ini loh. Kamu bisa menjadikannya pelengkap dekorasi rumahmu atau jika kamu berpikir untuk menghadiahkannya pada someone special apakah itu sahabat, kerabat, adik, kakak atau orang tua mungkin, pasti orang yang kamu hadiahi bunga spesial ini akan merasa diistimewakan olehmu. Selain itu, kamu juga nggak perlu repot-repot menyiraminya atau memberikannya pupuk secara rutin sob. Praktis kan? Hehe..ya iyalah, namanya juga bunga kain. Oke deh, kita mulai aja yuk tutorialnya..

Alat dan Bahan :

•    Kain bermotif untuk kelopak bunga
•    Kain berwarna putih untuk bagian tengah (pusat) bunga
•    Sebuah pot kecil
•    Sebuah stik bambu / tangkai dengan panjang 23 cm (sesuai selera)
•    Selotip hijau (khusus bunga)
•    Pena atau pensil kain
•    Jarum dan benang
•    Gunting
•    Spons untuk dasar bunga
•    Lumut-lumutan (bisa diganti apa saja untuk menutupi spons)
•    Kapas atau dakron
•    Lem tembak

Cara Membuat :

 A.     Kepala Bunga

Dengan menggunakan sebuah tutup yang bundar, gambar pola dan potonglah 5 lingkaran pada kain bermotifmu. Pada gambar digunakan tutup berdiameter 10 cm.

Gambar dan potong 2 lingkaran lagi untuk kain berwarna putih. Sekarang dirimu memiliki 7 buah lingkaran.

Jahitlah sekeliling tepi pada setiap lingkaran seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Jika telah selesai menjahit sekeliling tepi lingkaran, tarik benang sedikit untuk mendapatkan bentuk sebuah “kantung” kecil dan isi dengan kapas/dakron.

Tarik kantung agar menutupi kapas/dakron kemudian rapikan dengan beberapa jahitan  lagi. Lakukan pada 6 lingkaran lainnya.

Sekarang saatnya merangkai kepala bunga. Dimulai dari kelopaknya (kain motif kotak-kotak kuning). Jahit setiap kelopak secara berdampingan sehingga menghasilkan 5 rangkaian kelopak bunga.

Gunakan lem tembak, sekarang rekatkan bagian tengah (pusat) bunga (kantung berwarna putih pada kelima rangkaian kelopak tadi agar hasilnya terlihat seperti gambar di atas.

 

B.    Tangkai Bunga dan Pot

Lapisi stik bambu atau tangkai dengan selotip hijau (khusus bunga)
Lengketkan spons bunga ke dalam pot milikmu, kemudian tancapkan tangkai di tengah spons dan lem dengan menggunakan lem tembak
Masih dengan menggunakan lem tembak, lengketkan lumut-lumutan untuk menutupi spons bunga
Akhirnya, secara hati-hati renggangkan sedikit kelopak bunga (yang akan dilengketkan dengan tangkai), taruh lem panas secukupnya dan gabungkan dengan tangkai
Hiasi vas sesuai dengan keinginan kamu. Dan voila…bunga kain istimewa ini siap untuk menghiasi rumahmu

….Dan ini dia hasil akhirnya….

(Sumber : http://www.blog.birdsparty.com/2010/06/tutorial-make-your-own-plush-flower.html)

Gimana, sobat? Imut banget kan bunga kain istimewa ini? Dirimu pasti udah nggak sabar deh untuk cepat-cepat membuatnya. Oke deh, selamat mencoba dan jangan lupa tinggalkan komentar ya pren!

Salam KREASIONLINEKU

One response »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s