30 Menit Membuat Kreasi dari Clay – Resensi Buku

Standard

Haloooo sobat…apa kabar? Wah, nggak terasa ya udah seminggu nggak posting artikel baru. Hehe, biasalah seminggu ini “soksi” alias sok sibuk. Habis..banyak proyek yang dikerjain. Proyek nyapu halaman, cuci baju, ngepel lantai, daaan lain-lain..tehee..ngeles dot com..

Nah, sekarang kita meresensi buku kerajinan tangan yuk! Pada kesempatan kali ini, saya telah memilih sebuah buku tentang clay yang berjudul “30 Menit Membuat Kreasi dari Clay” karya seorang ibu muda kreatif bernama Stephani. Beliau ini meracik sendiri bahan clay-nya lho..

Oya, sebelum membahas lebih jauh tentang buku ini, kamu udah tahu kan sob apa itu clay?  Jadi, clay adalah seni membuat aneka bentuk benda dari adonan tepung. Bahannya berupa tepung beras, maizena, dan tapioka yang dicampur menjadi satu, kemudian diaduk dengan lem dan pewarna. Dan akhirnya, adonan siap deh dibentuk menjadi apa saja sesuai imajinasimu.

Di buku ini, kamu akan diajarkan cara membuat adonan clay, mewarnainya, membuat bentuk-bentuk dasar, sampai merangkainya menjadi berbagai aksesoris yang menarik, unik, dan imut. Selain itu, dipaparkan juga tips-tips seputar clay. Tidak hanya sampai di situ, kamu juga akan mendapatkan CD gratis lho. So, bagi kamu yang ingin berbisnis kerajinan tangan atau pernak-pernik dari adonan clay, cucok banget untuk menambahkan buku ini ke dalam koleksi bacaanmu.

Dan karena kamu sudah berkunjung ke blog kreasionlineku, sekalian deh saya sharing tips-tips oce dalam buku ini. Cekidot yach!

Tips About Clay :

  1. Pakailah tepung yang masih baik, dan jangan memakai tepung yang sudah kadaluarsa.
  2. Gunakan minyak bayi (baby oil), jangan gunakan minyak goring.
  3. Gunakan lem PVac yang kental dan tidak cair.
  4. Ukuran lem harus pas dan jangan dikurangi karena hasil clay akan retak.
  5. Bila adonan agak kering, tambahkan sedikit air kemudian diuli kembali.
  6. Adonan clay yang sudah agak kering jangan dipaksakan untuk dibentuk karena permukaan clay yang dihasilkan akan retak. Sebaiknya ditambahkan sedikit air dan uli kembali baru kemudian dibentuk.
  7. Adonan yang masih basah hanya bertahan 2 hari (begitu juga yang sudah diberi warna). Apabila adonan clay sudah lebih dari 2 hari jangan digunakan untuk membentuk bulat/tetes air yang besar karena clay akan pecah saat mengering dan isinya keluar. Adonan yang umurnya lebih dari 2 hari hanya bisa digunakan untuk membuat clay yang berbentuk pipih.
  8. Adonan clay akan menyusut bentuknya apabila sudah mengering, karena kadar air di dalamnya sudah mengering.
  9. Clay yang sudah jadi dapat bertahan sampai 3 tahun dalam kondisi kering dan tidak lembab. Oleskan atau semprot permukaan clay dengan vernis agar clay tahan lama.

Gimana sobat? Pasti kamu udah nggak sabar kan untuk berkreasi dengan adonan clay? Makanya..tunggu apa lagi, buruan dunkz beli buku ini!

One response »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s