Serba-Serbi Papercraft

Standard

Sobat, pernah dengar nggak tentang papercraft?  Mungkin beberapa di antara kamu udah nggak asing ya dengan istilah tersebut sedangkan sebagian lagi bisa saja belum pernah mendengarnya. So, nggak salah dunkz kalau saya sharing informasi tentang papercraft ini. Siapa tahu setelah membaca, memahami dan menghayati artikel berikut dengan sepenuh jiwa raga, dirimu jadi makin pinter sob…huehuehue…dan bisa mengalahkan kecerdasannya “Mbah Jujel (baca : Google)”. Lho, kok Mbah Jujel sih? Bukankah biasanya Albert Einstein, begitu? Itu sih zaman doeloe sob, sekarang yang terpintar itu Mbah Jujel dan keluarganya…kekekeke….Setuju ndak?

Nah, dari sumber aslinya wigeseek.com, papercraft adalah bentuk kerajinan yang menggunakan kertas untuk membuat objek tiga dimensi seperti model atau patung. Beberapa orang menyebut papercraft sebagai pepakura, dalam sebuah penghormatan kepada komunitas papercrafting besar di Jepang. Papercraft bisa besar atau kecil, mudah atau sulit. Papercraft mudah untuk dipelajari, dan internet telah sangat memfasilitasi pertukaran desain papercraft dan pola. Selain itu, forum internet banyak memberikan tips yang berguna untuk papercrafters pemula yang mungkin sedang berjuang dengan pekerjaan mereka, hehe..

Desain dari sebuah papercraft bisa dilakukan dengan dua cara, sob yaitu secara manual (freehanding papercraft) atau dengan software. Freehanding papercraft sangat menantang tetapi menyenangkan. Selain itu, diperlukan mata yang baik tentunya untuk membuat desain secara manual. Beberapa papercrafters menggunakan program desain perangkat lunak yang melakukan banyak pekerjaan untuk mereka, dengan mengubah objek tiga dimensi menjadi pola datar yang dapat dicetak. Ketika seorang papercrafter merancang sebuah pola yang sangat rumit, ia dapat berbagi dengan orang lain, dalam semangat kerjasama antar perajin, dan dalam harapan untuk melihat perubahan baru pada desain yang dapat mengintegrasikan unsur-unsur lebih atau memecahkan cacat desain.

Alat untuk papercraft dasar sangat sederhana dan terjangkau. Sebaiknya gunakan silet untuk memotong, bukan gunting, karena pisau dapat membuat garis yang tepat dan bersih. Dalam hal ini, diperlukan papan potong dengan permukaan yang rata. Selotip dan lem juga berguna, seperti halnya kertas tebal. Alat-alat lain seperti pinset dan sebagainya juga bermanfaat untuk memanipulasi potongan kertas yang sangat kecil ketika kamu bekerja.

Nah, tadi itu secuil info tentang papercraft sobat..ternyata cukup kompleks ya hal-hal yang berbau papercraft ini. Tapi sob, kamu pasti akan terkagum-kagum deh setelah melihat bentuk-bentuk papercraft yang udah jadi seperti yang bakal saya tampilin di bawah ini. Saya sendiri terkadang heran lho, kok bisa ya kertas dibentuk menjadi berbagai figure bahkan bangunan yang ciamik..wah..wah..wah..salut deh!

Dan….silahkan klik gambar berikut ya sobat untuk menuju link dimana kamu bisa download pola-pola papercraft dari berbagai katagori. Cekidot yak!

Animals

Craftown

Architecture

Lucky Items

Science

Gimana sobat? Kamu pasti gregetan banget kan pengen nge-print pola-pola papercraft di atas? Sabar sob, masih banyak lagi kok pola yang bisa kamu download dari link yang udah diriku kasih. Pelan-pelan aje yo and take your time. Happy papercrafting!

Salam KREASIONLINEKU

One response »

  1. baru mau main papercraft nih, sekalian ngisi waktu luang.
    kira2 papercraft itu paling cocok di print di kertas apa & yg berapa gram?
    trus alat2 pendukung lain apa ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s